7 Tips Cara Mengatur Waktu Paling Efektif Selama Work from Home -->

Advertisement 970x90

7 Tips Cara Mengatur Waktu Paling Efektif Selama Work from Home

-
Thursday, 22 October 2020

Jangan Jadikan Pekerjaan Sebagai Beban via © thebalance.com

hariankrinkz.com, Bandung -- Di seluruh dunia ini tidak ada yang diberi waktu berbeda. Jangan berpikir dan mengatakan bahwa Anda tidak memiliki waktu. Sebab semuanya sama-sama punya waktu 24 jam ( 24 hours ) sehari semalam. Lalu bagimana tips mengatur waktu selama masa bekerja dari rumah ( Work form Home ) efektif 100%. 

Bagi seorang freelancer, copywriting dan blogger, bekerja dari rumah ( Work from Home ) sudah menjadi hal yang lazim. Namun, bagi mereka yang dulunya bekerja di kantoran akan mengalami kesulitan, misalnya sulit untuk tetap focus mengerjakan tugas seperti biasanya dikarenakan akses jaringan yang tidak stabil.

Berdasarkan pengalaman saya yang saat ini bekerja dari rumah, saya bisa bekerja dari mana saja tapi dengan resiko mendapatkan banyak gangguan ketika bekerja.

Walaupun tidak mudah untuk tetap bisa fokus bekerja, terutama saat mengejar deadline, mereka yang kerja dari rumah harus menemukan cara agar bisa focus menyelesaikan tugasnya dengan baik dan tepat waktu.

Mengatur waktu di Masa Pandemi Covid-19 ( Work from Home )

Jika saat ini juga Anda melaksanakan Work from Home, maka Anda bisa mengikuti beberpa tips mengatur waktu ini agar bisa menggunakan waktu kerja secara produktif.

Tidur Minimal 7-8 Jam Sehari


Jangan sepelekan waktu tidur Anda dengan melakukan berbagai hal yang tidak berguna, semisal begadang yang tak ada artinya atau berselancar di dunia maya hingga pagi. Berbagai hal tersebut akan mengganggu jam tidur Anda. Dan sejumlah aktivitas yang mau Anda lakukan pada pagi hari juga jadi terganggu. Anda akan sulit fokus dalam menyelesaikan berbagai tugas dan juga pekerjaan karena kurang tidur dan istirahat.

Jadikan Pekerjaan Utama sebagai Sebuah Kebiasaan


Ini akan sangat menyenangkan jika bisa Anda terapkan di dalam kehidupan. Anda menjadikan pekerjaan rutin sebagai kebiasaan atau hobi yang menyenangkan. Dengan melakukan hal ini, pekerjaan akan terasa ringan dan tidak melelahkan, terutama jika ternyata Anda begitu menyenanginya.


Menentukan Area Kerja


Jujur saja, seringkali saya bekerja di tempat tidur atau di meja makan. Sebenarnya, saya punya tempat kerja sendiri, seperti sebuah kantor kecil yang dilengkapi dengan meja, kursi yang cukup nyaman, dan sebuah laptop.

Di tempat inilah saya sering menyelesaikan tugas-tugas saya.

Ketika kita bisa bekerja dari mana saja, maka potensi mendapat gangguan dari sekitar akan lebih banyak juga. Ini berdasarkan pengalaman saya.

Misalnya, saat saya bekerja di meja makan, seringkali orang yang lalu lalang mengajak ngobrol dan mengganggu konsentrasi. Atau ketika saya kerja di tempat tidur, tapi kemudian tertidur karena merasa terlalu nyaman dan akhirnya mengantuk.

Ini gangguan kecil tapi bisa sangat berpotensi membuat kita tidak bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik.

Saya selalu berusaha untuk bekerja dari ruang kerja agar bisa bekerja dengan konsentrasi dan mengurangi potensi gangguan dari luar. Jika Anda bekerja dari rumah, maka Anda harus menemukan ruangan yang nyaman untuk kerja sehingga waktu Anda lebih produktif.

 Membuat To Do List untuk hari esok


Saya pernah menghabiskan waktu seharian hanya untuk bermain game. Hari itu, saya tidak mengerjakan tugas saya sama sekali.

Mereka yang kerja dari rumah seringkali gagal dalam hal time management karena sulit memisahkan waktu untuk kerja dan waktu untuk diri sendiri.

Salah satu cara untuk mengatur waktu dengan efisien adalah dengan cara membuat to do list, baik itu harian maupun mingguan.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan penjadwalan seperti Teknik Pomodoro untuk membantu fokus menyelesaikan pekerjaan selama jangka waktu tertentu.

Hindari Bermain Media Sosial


Akan sangat sulit menyelesaikan sebuah pekerjaan bila kita terus-menerus terganggu oleh bunyi notifikasi email atau media sosial. Sebaiknya tetapkan waktu tertentu untuk menyelesaikan berbagai tugas dan hindari menggunakan gadget selama mengerjakan tugas tersebut.

Sebagai contoh, dalam sehari saya hanya membaca dan membalas email pada waktu tertentu saja. Selain itu, kegiatan bersosial media (Facebook, Twitter, dan lainnya) hanya saya lakukan sekali-sekali saja dan membatasi lama waktunya.

Biasanya saya membuka email selama setengah jam di pagi hari, dan setengah jam di siang hari. Begitu juga saat membuka Facebook dan Twitter. Saya sangat membatasi waktu saat ‘bermain-main’ di media sosial karena kegiatan ini bisa menghabiskan banyak waktu tanpa kita sadari.

Ketika mengerjakan tugas tertentu, biasanya saya ‘menyingkirkan’ gadget dan hanya memeriksanya di saat-saat tertentu saja.

 Hilangkan Kebiasaan Buruk


Salah satu pemboros waktu terbesar yang kita miliki adalah kebiasaan buruk.

Entah menonton film sampai berjam-jam, terlalu banyak berselancar di media sosial, bermain game, dan sebagainya, kebiasaan buruk tersebut mampu menyita waktu berharga yang kita miliki.

Gunakan waktu secara bijak dengan menghilangkan kebiasaan buruk jika kamu serius untuk mencapai tujuan besar dalam hidup. Sadarilah bahwa waktu adalah hal yang berharga dan tidak dapat diulang lagi, terutama jika
kamu menyia-nyiakan hal tersebut.


Jangan Lupa Istirahat!


Satu studi menunjukkan bahwa kamu harus bekerja selama 52 menit dan istirahat 17 menit—lakukan hal ini secara berkala. Pengertian istirahat tak harus selalu pergi makan, tidur dan sebagainya, melainkan ambil waktu sejenak untuk berdiam serta menenangkan diri.

Pertahankan kondisi mental, emosional, dan fisik kamu pada level puncak dengan mengambil waktu istirahat. Selain fisik, menjaga kesehatan pikiran adalah hal penting agar kamu tetap produktif. Tips membagi waktu yang satu ini tidak boleh diabaikan begitu saja.

(as/hkn)


Demikian yang dapat hariankrinkz.com sampaikan mengenai berita / artikel dengan judul 7 Tips Cara Mengatur Waktu Paling Efektif Selama Work from Home, Semoga ada manfaatnya untuk kita semua. Sekian dan terima kasih atas kunjungan sobat.***

Artikel ini sudah tayang di Agus Sanjaya dengan judul " 7 Tips Cara Mengatur Waktu Paling Efektif Selama Work from Home ", hariankrinkz.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini.