Elon Musk Salip Bill Gates di Daftar Orang Terkaya Dunia -->

Header Menu

Advertisement 970x90

Elon Musk Salip Bill Gates di Daftar Orang Terkaya Dunia

-
Friday, 27 November 2020

Elon Musk orang kaya kedua 2020

Hariankrinkz.com -- Menurut Indeks Milliarder Bloomberg, Elon Musk kini menjadi orang terkaya kedua di dunia. Ia berhasil menyalip miliarder Microsoft Bill Gates.

Kekayaan bersih Musk naik sebanyak US$7,2 miliar menjadi US$128 miliar pada hari Senin (23/11). Orang di atas Musk sekarang adalah bos Amazon Jeff Bezos, yang mengambil posisi teratas dari Gates pada 2017.

Kekayaan Musk yang menjadikannya orang terkaya kedua tidak jauh dari keberhasilan Tesla. Tesla mencapai nilai pasa US$500 M karena saham mencapai titik tertinggi sepanjang masa.


Saham Tesla melonjak beberapa hari setelah berita bahwa perusahaan mobil listrik akan diterima masuk ke indeks S&P 500 pada Desember. Selain mengelola perusahaan mobil listrik, pengusaha berusia 49 tahun ini juga mendirikan perusahaan eksplorasi luar angkasa SpaceX.

Musk geser Gates ke posisi ketiga, kini ia berhasil menjadi orang terkaya kedua


Kekayaan bersih Musk meningkat sebesar US$100,3 miliar pada 2020, menandai peningkatan terbesar di antara mereka dalam Indeks Miliarder Bloomberg. Padahal, pada Januari saja, Musk masuk di peringkat ke-35.

Pekan lalu, Musk mendorong CEO Facebook Mark Zuckerberg turun ke posisi keempat ketika ia mengklaim posisi ketiga dalam jajaran orang terkaya dalam Indeks Miliarder Bloomberg.

Langkah Musk menjadi orang terkaya kedua di dunia memaksa Gates turun ke posisi ketiga. Ini menandai kedua kalinya dalam delapan tahun sejarah indeks bahwa ia belum menempati peringkat dua teratas.

Namun, kekayaan bersih Gates sebesar US$127,7 miliar akan jauh lebih tinggi jika bukan karena upaya filantropinya. Sejak 2006, ia telah memberikan lebih dari US$27 miliar kepada Bill and Melinda Gates Foundation.

Tahun ini, mereka yang berada di Indeks Bloomberg secara kolektif telah menambahkan 23%, atau US$1,3 triliun, ke kekayaan bersihnya. Sementara itu, jutaan pekerja menghadapi kesulitan keuangan setelah diberhentikan oleh majikan mereka karena pandemi virus corona yang sedang berlangsung.

Siapa Elon Musk, dan apa yang menjadikannya sebesar sekarang?


Lahir pada 1971 di Afrika Selatan, dari seorang model dah ahli diet Maye Musk dan seorang insinyur elektromekanis Errol Musk, ia adalah anak tertua dari tiga bersaudara. Ia juga merupakan warga tiga negara: Afrika Selatan, Kanada, dan AS.

Musk yang kini menjadi orang terkaya kedua di dunia dulunya menghabiskan masa kecil dengan fokus pada buku dan komputer. Ia adalah seorang anak kecil yang tertutup, dikucilkan teman sekolah dan kerap mengalami perisakan.

Selanjutnya, mereka pindah ke Silicon Valley pada musim panas 1995. Ia mendaftar di program PhD di bidang fisika terapan di Universitas Stanford, tetapi mundur setelah hanya dua hari. Saudaranya, Kimball Musk yang baru merampungkan gelar bisnis lantas bergabung dengannya di California.

Mereka lantas memutuskan meluncurkan startup atau perusahaan rintisan yang disebutnya Zip2, direktori bisnis online yang dilengkapi peta. Mereka memperoleh pendanaan dari angkel investor dan menyukseskan bisnis tersebut.


Langkah-langkah besar yang ia ambil dalam hidupnya


Pada 1999, mereka menjual Zip2 ke pembuat komputer Compaq seharga US$307 juta. Selanjutnya, Musk mendirikan perusahaan jasa keuangan online, X.com. Saingan utamanya adalah Confinity. Keduanya lantas bergabung pada Maret 2000 menggunakan nama produk utama mereka, PayPal, layanan transfer uang online personal-ke-personal.

Ebay lantas membeli PayPal pada Oktober 2002 dengan harga saham Ebay senilai US$1,5 miliar. Pada usia 31 tahun, Elon Musk telah menunjukkan mengapa ia kini layak menjadi orang terkaya kedua. Ia telah memegang saham terbesar di Paypal dengan 11,7% dari saham ekuitasnya.

Selanjutnya, ia memiliki tiga misi. Setelah meninggalkan PayPal, ia mendirikan SpaceX dan Tesla Motors dan mempertaruhkan seluruh kekayaan awalnya. Dengan perusahaan baru yang kini dikelolanya, ia berfokus pada tiga hal: risiko iklim, risiko ketergantungan planet tunggal, dan risiko keusangan spesies manusia. [*]

Artikel ini sudah tayang di dengan judul " Elon Musk Salip Bill Gates di Daftar Orang Terkaya Dunia ", hariankrinkz.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini.

Sign out