WHO Peringatkan Ancaman Gelombang Kedua Wabah Covid-19 di Timur Tengah -->

Advertisement 970x90

WHO Peringatkan Ancaman Gelombang Kedua Wabah Covid-19 di Timur Tengah

Inews.id -
Friday, 20 November 2020

WHO peringatkan gelombang kedua lonjakan kasus Covid-19 di Timur Tengah (Foto: AFP)

 Hariankrinkz.com -- Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan ancaman gelombang kedua wabah Covid-19 di Timur Tengah, seiring datangnya musim dingin. 


Direktur regional Mediterania Timur WHO Ahmed Al Mandhari, seperti dikutip dari Associated Press, Jumat (20/11/2020), mengatakan, satu-satunya cara untuk menghindari kematian massal adalah segera memperketat pembatasan dan memperketat tindakan pencegahan.


Dia mengungkapkan keprihatinan negara-negara di kawasan memperlonggar kewaspadaan setelah melakukan pembatasan yang ketat sejak awal tahun ini.


Menurut dia, respons pandemi dengan memberlakukan jarak sosial serta memakai masker belum sepenuhnya dipraktikkan. Hasilnya bisa dilihat di seluruh rumah sakit yang dipadati pasien.


Virus corona telah menginfeksi lebih dari 3,6 juta orang di Timur Tengah, lebih dari 76.000 di antaranya meninggal dunia selama 9 bulan terakhir.


Al Mandhari memperingatkan jumlah korban meninggal bisa lebih banyak lagi sehingga mendesak perlunya tindakan pencegahan.


Lebih dari 60 persen dari kasus infeksi dalam sepekan terakhir terjadi di Iran, Yordania, dan Maroko. Kasus infeksi juga meningkat di Pakistan dan Lebanon yang pada awal pekan ini kembali menerapkan pembatasan. Yordania, Tunisia, dan Lebanon juga melaporkan lonjakan penambahan kasus kematian harian.


Kondisi Iran juga semakin parah, di mana kasus infeksi melonjak dalam beberapa bulan terakhir, menyebabkan rumah sakit penuh. 


Kasus kematian akibat Covid-19 di Iran juga melonjak. Dalam 2 pekan terakhir kasus kematian di Iran melonjak 6 kali lipat, sehingga jumlah totalnya menembus 43.400 orang. Angka tersebut merupakan yang tertinggi di Timur Tengah. [*]



Artikel ini sudah tayang di dengan judul " WHO Peringatkan Ancaman Gelombang Kedua Wabah Covid-19 di Timur Tengah ", hariankrinkz.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini.

Sign out