Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Menu Bawah

Khasiat Herbal Yang Fantastis, Pada Buah Manggis

Sunday, 18 April 2021, 11:26 WIB Last Updated 2021-05-28T14:42:54Z
hariankrinkz.com -- Buah berkhasiat herbal berwarna unggu gelap berbentuk oval dan bertangaki tebal hijau.Itulah sang ratu buah manggis. Taukah kamu buah manggis ternyata berasal dari negara Malaysia yang dinyatakan oleh Steenis pada tahun 1949 yang kemudian berkembang ke Asia Tenggara, termasuk Negari kita yakni Indonesia.

Di Negara kita Indonesia, tanaman buah manggis terdapat hampir disetiap Provinsi, dari barat sampai timur, dan dari sabang sampai marauke. Buah manggis, buah yang menarik untuk dilihat, namun dibalik itu daging buahnya ternyata tipis dan menempel pada biji yang berukuran cukup besar.

Kulit buahnya juga tebal jadi perlu upaya ekstra untuk membukanya. Buah manggis, buah yang mempunyai khasiat herbal yang sangat luar biasa .

Hampir seluruh bagian buah manggis memiliki khasiat herbal yang luar biasa atau fantastis, mulai dari daging buahnya, biji, daunnya, kulitnya, akarnya dan bahkah kulit batangnya pun berkhasiat. Kulit buah manggis memiliki khasiat yang sangat fantastis dari bagian buah lainya.

Untuk menambah ilmu pengetahuan dan untuk mengetahui khasiat herbal yang sangat luar biasa pada buah manggis, mari kita pahami artikel berikut ini.

Buah manggis mempunyai biji yang berasal dari bakal buah kemudian berkembang menjadi biji, yang di selimuti oleh aril atau salut biji berwarna putih, empuk dan mengandung sari buah. Pada buah manggis tidak semua bakal buah berkembang menjadi biji.

Biji buah manggis berwarna coklat dengan panjang sekitar 2-2,5 cm, lebar 1-5,2 cm dan tebalnya antara 0,7-1.2cm dan mengandung senyawa yang luar biasa, senyawa ini biasa disebut xanthone yang meliputi mangostin, mangostenol, mangostinon A, mangostinon B, trapezifolixanthone ,tovophylin, garchino B, flavonoid, epicatechin, dan gartanin.

Senyawa-senyawa tersebut brkhasiat herbal yang luar biasa untuk menyembuhkan dan mencegah berbagai macam penyakit seperti penyakit jantung dan diare, dan juga berkhasiat untuk melindungi atau menyokong jantung dan dapat mengurangi berat badan kita juga loh.

Buah manggis memiliki kulit yang halus dengan tebal 4 sampai 8 mm, bertekstur keras dan berwarna kecoklatan pada bagian kulit luaranya, dan berwarna unggu pada bagian kulit dalamnya pada buah yang sudah tua, dan juga mengandung getah berwarna kuning yang rasanya pahit.

Hasil penelitian menujukan bahwa kulit buah manggis mengandung kaya akan antioksidan, terutama tanin, xanthone, asam fenolat maupun antosianin.

Tanin merupakan senyawa lain yang terkandung dalam kulit buah manggis, senyawa ini memiliki aktifitas senyawa antioksidan yang mampu menghambat enzim seperti anti diare, anti hemoroid dan juga menghambat pertumbuhan tumor. Kulit buah manggis juga mengandung zat yang berkhasiat herbal sebagai anti inflamasi atau anti peradangan.

Taukah kamu, kulit buah manggis ternyata sudah dikenal sejak dulu sebagai obat herbal di Negara India, Myanmar, Sri Langka dan Thailand. Banyak dari para peneliti melakukan penelitian untuk membuktikan kemampuan kulit manggis sebagai obat herbal. Hasilnya sungguh mengejutkan. Selain terbukti secara ilmiah, ternyata kulit manggis dapat dimanfaatkan dalam sekala yang luas.

Artinya dengan kulit manggis berkhasiat herbal yang fantastis, akan lebih banyak lagi penyakit yang dapat disembuhkan. Dinyatakan pula bahwa, khasiat kulit buah manggis ini dapat menyembuhkan atau meringankan sekitar tujuh puluh jenis penyakit atau ganguan kesehatan yang ada didalam tubuh kita, diantanya stroke, penyakit jantung, hipertensi, gonorhea, diare, nyeri urat, sariawan, infeksi, demam , penyakit mematikan yakni kanker dan sederet penyakit lainya. Sangat fantastis bukan.

Selain biji dan kulitnya yang mempunyai khasiat herbal yang fantastis, bagian lainnya dari buah manggis pun tidak kalah berkhasiat. Daging buahnya yang tipis berbentuk oval berwarna putih susu mengandung protein, krbohidrat, lemak, dan air, memiliki khasiat herbal untuk penyembuhan berbagai penyakit diantanya, penyakit diare, radang amandel, keputihan, wasir, dan sakit gigi.

Kulit batang buah manggis memiliki khasiat herbal, seperti di Negara Filifina, menggunakan kulit batang buah manggis sebagai pengobatan penyakit sariawan, diare, disentri dan nyeri perut, dengan cara mengestrak kulit batangnya.

Daun buah manggis berbentuk bulat oval sampai bulat panjang dan termasuk daun tunggal berwarna hijau mengkilap di bagian permukaan atas dan berwarna kekuningan di bagian permukaan bawah, memiliki khasiat herbal.

Di negara asalnya Malaysia daun buah manggis digunakan untuk penyembuhan luka sunat, dengan cara daun manggis diseduh lalu dicampurkan dengan pisang muda dan diberi sedikit kapur barus. Dan akarnya pun tidak kalah berkhasiatnya yaitu untuk mengatasi haid yang tidak teratur.

Itulah khasiat-khasiat yang fantastis, pada buah manggis. Terima kasih.

Demikian yang dapat hariankrinkz.com sampaikan mengenai berita / artikel dengan judul Khasiat Herbal Yang Fantastis, Pada Buah Manggis, Semoga ada manfaatnya untuk kita semua. Sekian dan terima kasih atas kunjungan sobat. ***



Komentar

Tampilkan

  • Khasiat Herbal Yang Fantastis, Pada Buah Manggis
  • 0

Terkini